Minggu, 22 Juli 2012

Mempertanyakan apakah pasangan bener-bener sayang atau posesif ? (melihat beda antara cemburu dan posesif)


Posesif dan cemburu, mungkin dua hal yang tidak asing di telinga kita. Sudah sering kita dengar, terutama bagi orang -orang yang sedang menjalani masa pacaran atau menjalin sebuah hubungan. Meski pada kenyataannya sikap posesif dan rasa cemburu masih saja sering dijumpai pada pasangan yang sudah menikah atau memiliki jarak waktu yang lama dalam berpacaran.
Bagi sebagian orang beranggapan bahwa sikap posesif adalah sebuah bentuk lain dari rasa cinta terhadap pasangan. Benarkah begitu? Kalau saya pribadi menanggapi pertanyaan itu, maka jawaban saya adalah "tidak". Bukan, sikap posesif sama sekali bukan sebuah bentuk dari rasa cinta. Dilihat dari arti kata posesif yang berarti "menguasai" saya tidak menemukan sebuah bentuk cinta di sana. Cinta seperti apa yang di dalamn ya terdapat rasa atau keinginan untuk saling menguasai pasangannya. Hmm.... oke saya ngga akan membahasa terlalu jauh mengenai hal ini. Karena sudah sering saya bahas di notes-notes saya sebelumnya.
Notes kali ini semata-mata saya buat untuk menginformasikan beberapa notes yang pernah saya upload beberappa waktu yang lalu tentang posesif dan cemburu. Jadi bersifat sebagai penyempurna. So, buat kamu (cewek maupun cowok) yang memiliki pacar posesif dan memerlukan solusi buat mengatasinya (sampai-sampai nyari di mbah gugel dengan kata kunci "artikel tentang pacar posesif dan cemburu") saya punya beberapa notes yang mungkin bisa membantu. Lets.. Cekidot..!
Notes singkat tentang posesif dan cemburu
Arti Posesif: Apa Itu Posesif?
Di notes kali ini kamu akan menemukan arti posesif atau definisi posesif. Nah, buat kamu yang ingin tahu apa itu posesif, notes ini harus kamu baca..! Kalau ngga setuju, ya tinggal sharing definisi posesif atau arti posesif menurut kamu di komentar. Saya tunggu yah..! Kalau ngga tau caranya berkomentar, tinggal tanya saja pada kawan disebelah kamu, jika sendirian telpone aja langsung. Asal jangan ngomong sendiri, nanti malah ada yang menjawab tapi tanpa wujud.. Wkwkwkwk.. Wew.. Seyeeeemmm..
Ciri-Ciri Pacar Posesif
Tahu ngga, ciri-ciri pacar posesif? Kalau sudah tau, syukurlah kalau begitu! Kalau belum tahu, silakan buka website saya www.embrace.webnode.com sebagai pelengkapnya.. Disana kamu akan tahu apa saja ciri-ciri pacar posesif. Ok terusin bacanya.. Jangan-jangan pacar kamu (atau bahkan kamu sendiri) termasuk salah satunya.
Faktor Penyebab Seseorang Menjadi Posesif
Sikap posesif tentu saja bukan sifat turunan atau pengaruh genetik. Tapi ada sebab musabab kenapa seseorang menjadi posesif. Apa yang menyebabkan seseorang menjadi posesif?
Bibit posesif sebenarnya ada pada semua orang. Kenali pasangan, apakah ia termasuk si posesif yang ekstrem.
Posesif adalah sifat ingin memiliki sesuatu, dan agaknya memang tiap manusia memiliki sifat demikian. Dalam porsi yang wajar, sifat ini justru membuahkan hal-hal positif. Bahkan ada sikap posesif dianggap sebagai ungkapan rasa cinta dan kasih sayang di antara sepasang suami istri.
"Siapa, sih, pasangan yang tidak ingin selalu diperhatikan, diingatkan hal-hal penting, atau setia ditemani?" Tinggal, mampukah diri kita mengelola sifat itu menjadi sesuatu yang baik, terlebih kepada pasangan. Kalau tidak, maka akan timbul masalah pada pasangan tersebut.Rasa Tak NyamanPemicu sifat posesif yang berlebihan ini, menurutnya, disebabkan banyak faktor yang berbeda-beda pada tiap individu. Ada faktor traumatik, konsep diri yang rendah atau kurang percaya diri. "Orang yang kurang percaya diri cenderung mempunyai ketergantungan pada orang lain. Hal inilah yang tidak ingin dia lepaskan dari pasangannya."
Dengan begitu, sifat posesif pada sesorang tidak bisa digeneralisasikan meskipun pada umumnya datang dari rasa tidak nyaman atau tidak senang bila tak memiliki sesuatu yang diinginkan. Dalam pernikahan, orang yang sifat posesifnya berlebihan selalu ingin memiliki pasangannya secara total.
Bukan karena pasangan itu tidak bisa dipercaya atau bermasalah, tapi justru dialah yang merasa tidak aman jika jauh dari pasangannya. Akibatnya, siapa, sih, yang tidak merasa terbelenggu memiliki pasangan seperti itu? "Sekalipun sudah hidup berpasangan, kita tetap ingin punya ruang privasi, bukan?"
Yang menyebalkan, si posesif ternyata tidak merasa bahwa sikapnya membawa masalah. "Memang, kelihatannya hidup orang itu amat terbebani dengan segala urusan ingin tahu tingkah laku pasangan sampai ke detail. Padahal tidak begitu lho, dia tetap saja enjoy, justru, kalau tidak begitu dia tidak akan merasa tenang."
Memang, padanya terlihat rasa empati yang sangat kurang. "Sebab, dia lebih mementingkan dirinya sendiri atau perasaannya ketimbang hal-hal lain. Kontrol dirinya pun rendah. Itulah kenapa, orang yang sifat posesifnya termasuk ekstrem biasanya mengarah pada gangguan kejiwaan."
Menghadapi Pasangan PosesifDalam menghadapi si posesif ini, mau tak mau kita harus memahami apa yang sedang menjadi ganjalannya. Dengan begitu kita jadi tahu mengapa dia bersikap seperti itu. Jadi, terima saja dulu perlakuannya.Selanjutnya, jika kita merasa tak nyaman dengan apa yang dilakukannya, ajaklah ia berdialog. "Jangan lupa, ungkapkan ganjalan kita secara baik-baik, bahwa kita merasa tidak nyaman diperlakukan seperti itu. Namun sebelumnya, dia harus bisa diyakinkan dulu bahwa kita bisa dipercaya."
Kalau cara itu tidak membuahkan hasil, lebih baik minta bantuan orang ketiga seperti psikolog untuk mencari jalan keluarnya. Namun, jangan langsung buru-buru mengajaknya berkonsultasi. Ingat, dia, kan,tidak merasa dirinya posesif.

NB: 5 Cara menghadapi pacar posesif ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri dalam mengahadapi pacar posesif. Jadi, keampuhannya sudah cukup bisa dipertanggung jawabkan..!
Sifat posesif harus dihilangkan karena itu justru akan merusak keharmonisan sebuah hubungan. Malah bisa menyebabkan sumber perpecahan (kaya gelas aja).
Cemburu, meski ngga separah posesif tapi bisa membuat sebuah hubungan menjadi tidak sehat (bawa ke dokter). Kecuali rasa cemburunya masih dalam tahap yang wajar. Mengenali ciri-ciri pacar yang cemburuan menjadi sangat penting, karena dari sana kita bisa tahu bagaimana cara menghadapinya.
Nah, kalau sudah tahu bagaimana ciri-ciri pacar yang cemburuan, sekarang kita lanjut ke cara menghadapi pacar yang cemburuan. Yups, pacar yang cemburuan memang harus dihadapi. Kalau uadah ngga bisalagi dihadapi, baru deh di kasih SP3 (Surat Perintah Pemecatan Pacar).
Nah, itulah notes saya mengenai posesif dan cemburu. Semoga bisa diambil nutrisi dan kandungan gizi nya.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman