Hal yang Menunjukkan Apakah Anda Cukup Matang Sebagai Seorang Pria Dewasa ( Bagian pertama )


belakangan ini banyak pria muda yang dalam pergaulannya tumbuh jadi pria yang tidak dewasa, manja dan cenderung alay.
beberapa orang berpendapat usia 30 adalah 20 yang baru, yang akhirnya membuat pria yang seharusnya dewasa dengan usia 30 th tapi kelakuannya kekanak-kanakan. memang bukan berarti usia 30 th harus bersikap seperti orang tua, tapi bersikaplah selayaknya. bila usia anda sudah menginjak pertengahan 20, berarti anda -seharusnya- sudah memiliki pengalaman hidup yang cukup banyak, yang cukup dapat memberi pelajaran pada anda dan menjadikan anda pria dewasa yang matang dan dewasa dalam berfikir dan bertindak.
masalahnya beberapa anak muda sekarang belum tahu benar artinya menjadi pria dewasa yang sebenarnya, yang matang. pria dewasa sejati yang matang memiliki kepribadian yang tegas, tangguh, percaya diri, memiliki passion, cerdas berfikir, berani dan mampu melindungi, bisa menjadi sandaran bila diperlukan tapi juga berhati lembut dan penyayang, juga dapat menjadi teman yang bisa diandalkan.
untuk bisa menjadi pribadi lengkap seperti yang saya sebutkan tadi, seorang pria dewasa tidak akan menunjukkan sikap alay, manja dan lemah. ok. jadi berikut adalah daftar dari beberapa hal yang mencerminkan sikap pria dewasa yang matang
1. tidak membiarkan rasa takut menghalangi untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan
takut gagal, takut dipermainkan, takut ditipu, takut ditolak…takut ini, takut itu…
rasa takut hanya akan menjadi penghalang, membuat anda berjalan di tempat bahkan bisa membuat anda mundur dari kondisi anda sekarang. hidup dalam rasa takut hanya akan mengungkung anda, membuat anda lembek dan membuat anda melewatkan banyak kesempatan besar. yang imbasnya adalah mempengaruhi banyak aspek dalam hidup, mulai karir, percintaan, hubungan sosial juga perkembangan pola pikir dan mental anda.
seorang pria idaman yang matang akan selalu menyadari bahwa rasa takut itu selalu ada, tapi juga tahu bagaimana cara menghadapi rasa takut itu.
pria idaman yang dewasa tidak akan ragu-ragu untuk menempatkan dirinya di luar zona nyaman dan mengambil risiko, apalagi kalau resikonya hanya cuma sekedar melukai ego atau rasa tidak nyaman. berani melangkah ke lingkungan yang lebih buas daripada hanya duduk terdiam di pojokan yang ‘nyaman’.
2. tidak melakukan sesuatu semata-mata hanya untuk mengambil hati orang lain
seringkali orang (bahkan saya pun pernah) berusaha hanya untuk mengesankan orang lain. mulai nge-gym karena wanita yang ditaksir suka pria berperut six packs, belajar banyak makan sayur gara-gara si dia vegetarian, tiba-tiba doyan baca karena kekasih seorang kutu buku, berbicara sok intelek dan ‘tinggi’ untuk mengambil hati atasan dll. pria dewasa tidak akan terpengaruh oleh apa yang dipikirkan orang lain terhadap mereka. kalaupun anda melakukan sesuatu, itu karena anda memang mau. mulai nge gym atau makan sayur ya karena ingin sehat dan mengubah pola hidup, bukan cuma karena biar si dia tertarik. doyan baca ya supaya anda ingin pintar dan menambah wawasan. mau belajar dan menambah wawasan ya memang karena ingin bisa dan maju yang akhirnya mengesankan atasan, bukan hanya modal bicara sok pintar saja.
intinya pria idaman yang matang adalah pria yang tahu apa yang dia mau lepas dari apa yang akan dipikiran orang lain. pria dewasa yang matang hanya akan melakukan apa yang benar dia percaya dan yakini bahwa itu adalah pilihan yang tepat.
3. tidak -sok- mematok kriteria ideal dalam mendapatkan wanita
banyaknya hubungan yang gagal seringkali dikarenakan pria yang kurang matang menyadari bahwa pendampingnya sekarang tidak sesuai dengan criteria yang sudah dia tetapkan selama ini. banyak pria yang terbuai mimpi untuk mendapat tipe wanita yang sempurna, cantik, harus bisa ini bisa itu, harus pintar ini pintar itu. c’mon get real guys…!! wanita pun sama seperti kita pria, banyak kelamahan pun juga punya banyak kelebihan dan seringkali lebih ‘kuat’ dari pria.
seorang pria idaman yang matang dalam berfikir pasti mengerti akan hal ini. mereka bisa nyaman berhadapan dengan wanita, memandang wanita setara, tidak memandang remeh dan rendah wanita, apapun keadaannya sehingga dapat membangun hubungan yang tulus dan sehat.
4. tidak mudah terpancing kata-kata atau tindakan wanita
meskipun di point di atas disebutkan bahwa pria memandang wanita itu setara, tapi tetap saja kita harus menyadari adanya perbedaan yang cukup tampak antara pria dan wanita, dari segi biokimia, psikologis dan sosial. karena perbedaan gender otomatis berbeda pula cara pria dan wanita dibesarkan, cara berfikir pun pasti beda.
pria dewasa pasti memahami bahwa antara pria dan wanita dalam berkomunikasi, berdebat dan emosi dipengaruhi oleh hal-hal yang berbeda. inilah kenapa pria idaman yang matang tidak akan mudah tersinggung, marah dan terpancing pada kata-kata dan tindakan dari wanita. pria dewasa mampu melihat segala sesuatu dari sudut yang berbeda dan mampu melihat isyarat-isyarat ‘halus’ wanita. yang dimaksud disini bukannya harus mampu membaca pikiran, tapi tentang bagaimana pria mampu mengembangkan pemahaman yang lebih dalam terhadap pemikiran wanita dan bahasa tubuh wanita.
5. tidak memendam amarah
cekcok dan perselisihan itu pasti ada dalam hubungan sosial, entah dalam keluarga, teman, kekasih, partner kerja dan hal itu tidak bisa dihindari. dari sinilah bisa dilihat tingkat kematangan seorang pria, yaitu bila dia mampu untuk tetap tenang, stay cool setelah adu argument dan membuang semua emosi negatif.
kita tahu bila sedang dikuasai emosi kemungkinan akan keluar segala makian, sumpah serapah dan bahasa kebun binatang yang tidak bisa dikontrol lepas dari argument yang sedang terjadi itu apakah kesalahan kita atau lawan kita. selaku pria dewasa, sewajarnyalah anda meminta maaf tulus karena anda menyesal bila memang anda yang salah. juga mau memaafkan dan melupakan bila lawan anda sudah mengakui kesalahannya. tidak perlu membiarkan masalah berlarut-larut, apalagi sampai mendendam. hanya akan jadi duri dalam hubungan anda yang berbuntut ketidak bahagiaan.
6. merasa nyaman dengan gaya dan penampilan
diantara anda pasti ada yang merasa kurang pd dengan penampilan, wajah, gaya. sebenarnya yang saya perhatikan issue yang sebenarnya dari seorang pria yang sulit mendapatkan pasangan adalah kepercayaan diri. muncul rasa insecurity. insecurity nantinya akan mengarah ke rasa takut, gelisah, amarah dan hal negatife lain.
pria yang kurang percaya diri, biasanya kurang berani mengaplikasikan gaya. kebanyakan takut tampak feminine, tampak metroseksual yang intinya adalah merasa tidak nyaman.
jaman sudah berubah. urusan style, dandan sudah bukan identik dengan wanita lagi. pria pun perlu menjaga penampilan. tingkatkan kepercayaan diri anda. beranilah dalam berekpresi dan bereksperimen ( yang wajar dan pantas ) dalam berpenampilan.
well…itu sebagian yang bisa saya bagi untuk sekarang. tunggu saja….masih ada cukup banyak lagi yang akan saya bagi di part 2 dan part 3
demi kemajuan kita semua segeralah bergabung bersama kami di fans page :broken heart survival guide, untuk mendapatkan materi-materi berkualitas lainnya untuk sebuah infestasi besar dalam hidup anda.
indahnya berbagi cerita dan cinta terhadap orang lain seperti anda.
salam revolusi cinta

0 Response to "Hal yang Menunjukkan Apakah Anda Cukup Matang Sebagai Seorang Pria Dewasa ( Bagian pertama )"

Post a Comment