Kepercayaan Diri dalam Buku Jurus Playboy (7)

Perbedaan utamanya terletak pada bagaimana kita melihat diri kita sendiri. Jika Anda menganggap diri Anda bernilai Sembilan, Anda menganggap ada ruang untuk Anda berkembang.
Akan tetapi, jika Anda menganggap diri Anda bernilai Sepuluh, maka Anda mencegah diri Anda tumbuh dan berkembang. Jika Anda berhenti tumbuh, Anda akan menjadi kurang menarik. Anda bisa menganggap orang-orang di sekitar Anda sebagai orang-orang bernilai Sepuluh, tetapi penting buat Anda untuk selalu berusaha meningkatkan nilai Anda.
Sekarang setelah Anda mengerti apa arti dari tipe-tipe nilai dalam diri orang-orang, penting untuk memahami mengapa orang-orang ini melakukannya. Apa yang membuat seseorang bernilai Enam? Mengapa orang yang bernilai Delapan bertindak seperti itu?
Ada sesuatu yang setiap orang lalui yang disebut “polar opposing insecurity compensation” (kompensasi kegelisahan berlawanan kutub). Polar opposing insecurity compensation, atau POIC, terjadi ketika seseorang berfokus pada sesuatu yang tidak ia inginkan karena hal tersebut membuatnya gelisah.
Untuk membuatnya merasa seolah ia telah menangani kegelisahan tersebut , ia menjadi berlawanan sifat dari hal tersebut. Jadi jika Anda gelisah menjadi orang yang pendiam, misalnya, Anda akan menjadi orang yang berisik dan sombong karena pada akhirnya, Anda bisa bercermin dan berkata memaksa saya menjadi pendiam hari ini karena saya terlalu berisik dan sombong sampai mereka tak punya alasan lagi untuk memaksa saya Karena ini jenis kondisi yang selalu lahir akibat keinginan untuk tidak menjadi sesuatu tidak menja di pemalu, mudah sakit hati, lemah, atau tidak menarik orang yang mengalaminya akan mudah berpindah posisi dari satu titik ekstrim ke titik ekstrim lain.
Alih-alih menemukan keseimbangan di tengah-tengah. Alih-alih memperbaiki masalahnya, perubahan kepribadian ini mengindikasikan bahwa Anda tidak mampu menghadapi kegelisahan Anda sendiri. Bahkan, perubahan ini justru menyoroti kegelisahan tersebut!
Jika Anda berfokus hanya pada apa yang tidak Anda inginkan, Anda tidak mampu menjadi percaya diri dan menarik. POIC akan menghancurkan nilai Anda dan memaksa Anda membuat keputusan berdasarkan rasa takut dan kebutuhan akan penyesuaian terhadap tipe kepribadian yang terbatas.
Untuk menjadi benar-benar percaya diri, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya kegelisahan Anda dan mengatasinya tanpa harus berpindah ke titik-titik  ekstrim tersebut.
Jadi bagaimana Anda mengendalikan orang-orang yang memiliki nilai yang berbeda-beda? Bagaimana cara Anda berbicara dengan orang yang bernilai Enam, Tujuh, Delapan, atau Sembilan/Sepuluh?
Langkah pertama sudah jelas: Anda harus menilai tindakan seseorang untuk menentukan dinamika apa yang ia miliki. Setelah Anda berhasil melabeli orang tersebut dengan Nilai Enam, Tujuh, Delapan, Sembilan, atau Sepuluh, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa dorongan mereka melakukan tindakan tertentu. Apa yang mereka mau?
Sebenarnya, setelah Anda mengetahui hal tersebut, Anda akan memberi mereka alasan tersebut sehingga Anda juga memberikan nilai kepada mereka.
Katakanlah Anda berkesimpulan bahwa Anda sedang berurusan dengan orang yang bernilai Enam. Orang yang bernilai Enam umumnya ingin disetujui, jadi apa yang harus Anda lakukan? Sederhana anggap mereka sebagaimana adanya mereka, dan beri mereka persetujuan yang sangat mereka inginkan. Ini semuda orang yang bernilai tujuh. Sayangnya, biasanya jauh lebih sulit dibandingkan Enam.
Tujuh harus merasa dihargai atas kekuatannya. Mereka ingin merasa seolah mereka telah menyelesaikan sesuatu tanpa harus bernilai Enam, karena tidak mungkin sampai ke Nilai Tujuh kalau tidak melewati Nilai Enam!
Neil Strauss dan Owen Cook (Tyler Durden) menyebut orang seperti mereka sebelumnya suplikatif. Menjadi agresif adalah cara mereka mengingatkan diri mereka bahwa mereka bukan lagi orang lemah yang bernilai rendah seperti dulu. POIC, ingat?
Hati-hati untuk tidak menanggapi nilai baru si Tujuh dengan cara menjatuhkannya (baik secara verbal atau tidak). Berfokuslah menunjukkan rasa hormat kepadanya, tak peduli sesulit apapun itu. Si Tujuh bisa jadi orang yang menyebalkan untuk diajak berinteraksi, jadi penting untuk Anda mengerti bahwa mereka tidak berpura-pura karena mereka memang seperti itu.
Mereka bertindak seperti itu karena mereka ingin merasa dihormati atas kekuatan mereka. Orang Tujuh juga sering merasa gelisah dan ketakutan karena mereka merasa mereka telah mencapai garis batas nilai mereka. Mereka takut mereka tidak bisa lebih bernilai lagi dan karenanya, mereka harus membuat orang-orang lain jatuh supaya mereka merasa lebih superior.
Cara yang umumnya saya gunakan untuk membuat orang Tujuh merasa dihormati adalah dengan mengomentari betapa terbukanya mereka. Sederhana, tetapi efektif. Lain kali kalau Anda bertemu dengan orang pikiran mereka dan aku kagum sekali denganmu yang selalu adalah orang dengan dinamika tersulit yang akan berurusan dengan Anda, tetapi Anda hampir selalu menemukan bahwa ketika Anda menerima si Tujuh dan memberikannya sedikit rasa hormat, ia akan berubah menjadi orang yang benar-benar berbeda kepada Anda.
Faktanya, jika ia merasa diterima oleh Anda dan menganggap Anda memiliki nilai yang tinggi (yakni, jika ia kira Anda bernilai Sembilan atau Sepuluh dan dengan demikian Anda memiliki cooperative dynamics ), ia akan secara otomatis merasa seolah Anda telah membantunya menjadi orang bernilai Sepuluh.
Untuk menunjukkan apresiasinya, ia akan benar-benar mengubah sikapnya dan mulai membantu Anda. Sekarang kita masuk ke orang yang bernilai Delapan. Seseorang dengan competitive dynamicsingin selalu menang. Mereka ingin merasa seolah mereka telah mengalahkan seseorang. Ini jelaslah perkembangan yang alami dari Nilai Tujuh: jika Anda agresif dan Anda masuk ke kumpulan orang-orang agresif, Anda akan mulai merasa seolah Anda harus jadi yang paling agresif dan dengan demikian Anda berubah menjadi kompetitif.
Cara yang tepat untuk berurusan dengan orang Delapan persis sama dengan cara untuk berurusan dengan orang Enam dan Tujuh beri mereka apa yang mereka mau. Tetapi bagaimana caranya Anda membuat seseorang merasa seolah mereka menang tanpa membuat Anda terlihat kalah?
Anda ingin membuat si Delapan merasa bernilai, tetapi Anda tidak mau bersikap suplikatif atau agresif untuk melakukannya. Untuk menuruti orang Delapan, Anda harus membuat mereka merasa bahwa mereka telah memiliki nilai di mata Anda. Berikan ia rasa hormat, tunjukkan kekaguman atas kekuatan yang ia miliki, dan gunakan bahasa yang menunjukkan seolah ia telah meraih sesuatu.
Jika Anda gagal dan si Delapan merasa ia telah kehilangan arah, ia akan kembali jadi orang Tujuh, dan Anda akan lebih sulit berurusan dengannya. Di lain pihak, jika Anda berhasil, Anda akan menciptakan interaksi yang positif dengannya dan ia akan berhenti mencoba mengalahkan Anda di segala hal.
Jika semuanya berjalan baik, ia akan menjadi orang Sembilan atau Sepuluh. Dan akhirnya, Anda akan mengenali orang Sembilan atau Sepuluh karena, cukup mudah, mereka akan membuat Anda merasa lebih bernilai ketika berada di dekatnya. Balas tindakan baik mereka ini, dan mereka akan merasa senang. Dalam jangka panjang, kemampuan mengenali berbagai tipe nilai dan menyesuaikan kepribadian Anda supaya cocok dengan tiap-tiap tipe ini akan menjadikan Anda seseorang yang benar-benar memukau.
Setelah Anda memahami ini, Anda bisa mengendalikan tingkat kepercaya dirian yang Anda miliki sembari membantu orang lain merasa lebih bernilai di dekat Anda. Ketika Anda bisa menambahkan nilai terhadap hidup orang lain, mereka akan mulai mengikuti jejak Anda dan Anda akan menjadi pemimpin mereka.
Ada banyak keuntungan menjadi pemimpin, misalnya promosi di kantor, yang nantinya akan menghasilkan lebih banyak uang untuk Anda. Saya terkejut mengetahui bahwa cukup tinggi persentase (sekitar 30%) cowok- cowok yang saya ajari yang memperoleh promosi dan kenaikan gaji langsung setelah menyelesaikan kursus bersama saya. Anda akan menjadi seorang Playboy Anda tidak hanya akan menjadi Playboy yang profesional dalam menggaet cewek tetapi juga di berbagai bidang kehidupan Anda.

0 Response to "Kepercayaan Diri dalam Buku Jurus Playboy (7)"

Post a Comment