#1. Terapi Pribadi

 .Beberapa terapi yang saya berlakukan kepada diri saya sendiri yg mungkin dapat juga Anda terapkan namun mungkin juga tdk (karena masing2 manusia unik) adalah
 .
1. Mengenyahkan superioritas sosok idola dari pikiran. Siapapun itu, termasuk tokoh suci, tokoh spiritual, pemimpin terkenal, artis, dll. Ambil pelajaran atau ajarannya yang bersesuaian dan kira2 dpt diaplikasikan utk diri kita. Tidak terpaku pada tampilan fisiknya apalagi menempel2 gambarnya di dinding rumah atau memajang patungnya (terkecuali dgn maksud lain, semisal karena bersifat seni). Pengidolaan sudah dipastikan dpt menimbulkan rasa inferior, rasa lbh rendah diri bukan hanya pada idola tp pada sosok2 lain yg memiliki identitas yg terwakili olh sang idola (bangsa, budaya, status sosial).
 .
2. Membakar benda2 tertentu yg bersifat kenangan. Tapi menyisakan benda2 yg diperkirakan masih berguna utk keperluan praktis. Karena sebenarnya masa lalu sebagian besar adalah sampah.
.
 3. Tinggalkan musik, kecuali Anda pemusik. Beberapa musik memang ada yg dianggap bermanfaat, spt utk rileksasi, kecerdasan, dsb. Tp saya lebih memilih menjarangkan mendengarkannya, dgn sengaja (lumayan mengganggu karena walau telah selesai mendengarkannya, sering terngiang2 saat meditasi).
 .
 4. Menyeimbangkan kegiatan berpikir dengan latihan olah tubuh dan meditasi

0 Response to "#1. Terapi Pribadi"

Post a Comment