Bagaimana berurusan dengan mood swing wanita dan alasan mengapa wanita memilikinya sebagai senjata (menciptakan mindset dasar...


Istilah generik "mood swing" telah digunakan untuk merujuk pada berbagai gejala yang mempengaruhi baik laki-laki dan perempuan dan yang juga dapat mempengaruhi anak-anak dan remaja. Suasana hati seseorang dapat dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, termasuk kondisi internal dan eksternal dan lingkungan. Sementara perubahan dalam suasana hati dapat dilihat sebagai kurangnya kontrol atas banyak aspek kehidupan seseorang, perubahan suasana hati kronis atau drastis mungkin tanda masalah potensial yang mungkin perlu ditangani oleh seorang profesional medis.

Apa Penyebab Mood?

Mood dapat didefinisikan sebagai status psikologis seseorang pada waktu tertentu. Status ini dipengaruhi oleh sebuah proses yang melibatkan kegiatan saraf otak dan sistem saraf pusat. Respon di otak dan sistem saraf yang dihasilkan oleh apa yang dikenal sebagai neurotransmiter, yang mengaktifkan reaksi kimia tertentu yang mempengaruhi fisiologi serta biologi dalam tubuh manusia. Beberapa neurotransmitter, seperti serotonin dan dopamine, dapat mempengaruhi perubahan yang digambarkan sebagai kebahagiaan atau kesedihan.

Mood swing dan Wanita

Penyebab paling umum yang dapat dipahami pada perubahan suasana hati wanita didasarkan pada hormon. Kadar hormon berfluktuasi terus-menerus sepanjang hidup seorang perempuan, dimulai dengan masa pubertas, melalui kelahiran dan terus berlanjut sampai tahap menopause. Tingkat fluktuasi hormon, terutama estrogen dan progesteron, dianggap sangat mempengaruhi status fisiologis dari kebanyakan wanita.

Gangguan Mood Serius pada Wanita

Meskipun suasana hati yang paling umum pada wanita tidak selalu dianggap merugikan kesehatan mereka, terjadinya perubahan suasana hati yang negatif tampaknya lebih cenderung pada wanita dibandingkan pada pria. Untuk alasan ini, ada kekhawatiran lebih bahwa wanita berpotensi mengembangkan gangguan mood yang lebih serius. Sementara pre-menstrual syndrome (PMS) lebih umum dikenal, gangguan dysphoric pramenstruasi adalah kondisi lain yang terlibat dengan siklus ovulasi yang secara serius dapat mempengaruhi kondisi mental seorang wanita.

Depresi dan Perempuan

Depresi, dalam arti klinis, diduga untuk mendefinisikan setiap periode yang berlangsung selama dua minggu atau lebih dimana status psikologis dari orang berada di sebuah siklus yang menurun. Hal ini dianggap abnormal dan karena itu merupakan penyebab keprihatinan. Wanita mungkin lebih rentan terhadap kondisi yang menyebabkan depresi karena ketidakseimbangan kadar hormon konstan. PMS, gangguan postpartum dan perubahan emosional bersama dengan perubahan fisik yang terjadi selama proses menopause sering menyebabkan keadaan kecemasan, kemarahan dan disorientasi mental pada wanita.
Perempuan dikenal sebagai makhluk emosional karena kecenderungan mereka untuk memiliki fluktuasi hormonal dan bersifat sensitif. Karena hormon kompleks yang bergelombang melalui tubuh mereka, terutama selama waktu tertentu dalam siklus mereka, banyak wanita mengalami perubahan suasana hati (mood swing). Pria, yang sering sudah bingung oleh perempuan, memiliki kesulitan berurusan dengan ini. Untungnya, ada cara sederhana untuk laki-laki atau siapapun untuk berurusan dengan perubahan suasana hati seorang wanita.

1. Sadarilah tingkat siklus menstruasi wanita, stres atau apapun yang dapat berkontribusiuntuk perubahan suasana hati. Jika Anda tahu kapan itu akan datang, Anda tidak akan terkejut dan memiliki pemahaman yang lebih jika dia menjadi moody.

2. Hindari menjengkelkan jika dia tampak murung atau Anda tahu ia stres. Lakukan yang terbaik untuk tidak membuatnya sedih, meskipun mungkin tidak selalu dapat dihindari. Jika rasa humornya berkurang selama ini, cobalah untuk tidak membuat lelucon yang Anda tahu mungkin menyinggung perasaan dia.

3. Perbanyak sikap baik. Lawan kemurungannya dengan melakukan sesuatu yang manis baginya. Misalnya, bawakan dia permen kesukaannya atau menawarkan untuk memijat punggungnya.

4. Menjadi penuh perhatian. Dengarkan masalahnya dan memberikan komentar yang mendukung. Tanyakan padanya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantunya.

5. Hindari kalimat seperti, "Ya ampun kamu lagi mens ?" Meskipun mungkin benar, seorang wanita tidak ingin Anda mencoba untuk mendiagnosa atau menjelaskan emosinya. Dia hanya akan menjadi lebih gusar pada Anda.

6. Menjauh sedikit jika semuanya gagal.
Pengobatan untuk Mood Swings pada Wanita

Ada banyak terapi untuk suasana hati pada wanita, tergantung pada penyebab di balik perubahan suasana hati. Beberapa teori untuk pengobatan didasarkan pada terapi hormon, sementara yang lain mengatasi berbagai kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi suasana hati seorang wanita, seperti stres dan asupan makanan. Namun, pelaksanaan setiap respon terapi untuk perubahan suasana hati pada umumnya harus melibatkan saran dari seorang profesional medis yang memenuhi syarat untuk memberikan penilaian keseluruhan dari kesehatan mental dan fisik wanita.
Demi kemajuan kita semua segeralah bergabung bersama kami di Fans Page :Broken Heart Survival Guide, untuk mendapatkan materi-materi berkualitas lainnya untuk sebuah infestasi besar dalam hidup Anda.

Indahnya berbagi cerita dan cinta terhadap orang lain seperti Anda.


Salam revolusi cinta

0 Response to "Bagaimana berurusan dengan mood swing wanita dan alasan mengapa wanita memilikinya sebagai senjata (menciptakan mindset dasar..."

Post a Comment