Cara menuju kebahagiaan (renungan sejenak di halte tentang tujuan hidup)

Saat saya sedang sendiri di sebuah halte, banyak hal yang tiba-tiba muncul dalam benak saya, terlihat beberapa orang mengerutkan dahi sehingga menimbulkan kerutan yang tak sedikit. Tak mungkin dipungkiri, pasti ada hal yang sangat dipikirkan dan menjadi beban hidupnya, saya sendiripun kadang lelah untuk berpikir tentang berbagai hal, karena papun yang kita kejakan di dunia ini hanya memiliki satu tujuan, yaitu kebahagiaan. Dan yang kita mengerti kadangpun dalam kehidupan ini hanya satu hal yang dipikirkan oleh setiap orang, bagaimana cara untuk mengejar kebahagiaan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang lain. Yah.. kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.
Ketika dalam pemikiran sederhana, kerap kali saya sering mendefinisikan suatu kebahagiaan dalam kaitan dengan kehidupan yang baik dan tidak hanya sekadar sebagai suatu emosi. Definisi ini digunakan untuk menerjemahkan eudaimonia (Bahasa Yunani: εὐδαιμονία) dan masih digunakan dalam teori kebaikan. Dan saat inipun orang yang ada dalam kehidupan saya pun sedang terorientasi akan hal ini. Jadi tak ada salahnya juga dalam notes saya kali ini saya mencoba mengumpulkan visualisasi untuk mendapatkan apa yang disebut kebahagiaan. Mungkin bisa Anda bagi dengan orang yang Anda sayangi diseputar kehidupan Anda.
1. Latihan berpikir fokus. Lebih baik untuk menghadapi apa yang ada hari ini. Daripada anda bingung menghadapi tugas besok, padahal anda sedang makan malam sama si dia, mending fokus kepada apa yang ada sekarang, makanan, si dia, percakapan dengan si dia…
2. Ketawalah keras-keras. Hanya dengan berharap ada suatu kejadian yang menyenangkan, tingkat hormon endorfin, dan hormon-hormon lain yang membahagiakan meningkat tajam, sedangkan hormon stress menurun habis.
3. Tidur. Banyak sekali orang yang kekurangan tidur. Tidur secara teratur dapat memberikan kelegaan dan meningkatkan mood anda jauh lebih baik daripada puluhan kali pijat.
4. Bersenandung. Musik menenangkan banyak hati. berbagai riset membuktikan bahwa musik mengaktifkan bagian otak yang memproduksi kebahagiaan bagian yang sama untuk diaktifkan oleh makanan dan sex.
5. Rapi-rapi. Hampir ga mungkin anda melakukan meditasi, bernapas dalam, tenang, kalo sekitar anda penuh dengan kertas, majalah, tugas-tugas yang belum kelar. secara alami anda ingin merapikan semuanya…
6. Katakan tidak! Buang saja aktifitas yang tidak perlu dan tidak anda sukai. Jika ada orang yang cukup untuk jadi panitia 17-an, dan anda juga sudah BT, nggak ada masalah kan anda tidak bertugas lagi tahun ini?
7. Buat daftar. Tidak ada yang lebih menenangkan daripada anda membuat daftar tugas, sehingga tau apa yang harus anda kerjakan, dan akhirnya meredam rasa gelisah.
8. Lakukan satu persatu. Orang-orang yang terbiasa multitasking, cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Maka daripada anda ngelipat baju sambil telepon, mending duduk santai dan konsentrasi sepenuhnya kepada pembicaraan di telepon. Konsep ini sama persis seperti nomor 1
9. Taman. tidak hanya udara segar dan gerak badan yang akan mengurangi stress dan memberikan perasan nyaman yang bertahan tidak hanya beberapa jam, bisa berhari-hari lho!!
10. Jangan baca berita. Coba seminggu nggak baca berita sama sekali, nggak nonton berita. Cobalah "cuti" dari segala kengerian yang ada di dunia.
11. Ajak piaraan anda jalan-jalan. Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki piaraan memiliki detak jantung dan level tekanan darah yang lebih baik.
12. Wangi. Riset menunjukkan bahwa aromaterapi, atau bau-bauan yang ada, benar-benar mampu menurunkan level stress. Rosemary menurunkan kegelisahan, dan mendukung logika, Lavender menyebabkan rileks, bermacam2 aromaterapi sekarang tersedia.
13. Kunjungi tempat yang tenang. Perpustakaan, museum, taman, tempat ibadah, adalah tempat-tempat yang menenangkan hati dan jiwa.
14. Hitung berkat yang anda terima. Mereka yang mencoba berpikir dan merenungkan aspek-aspek positif dalam kehidupan mereka, akan mengalami hati yang lebih tenang.
Maav deh, apabila dalam penyampaian notes saya kali ini terkesan buru-buru. Maklum, lagi nunggu bus untuk perjalanan pulang ke rumah. Walaupun singkat namun saya harap bisa memenuhi nuansa keragaman otak kita untuk semakin terstimulasi dengan hal yang berguna.

Bus telah datang, bersiap mencari teman ngobrol yang bisa bikin bahagia :p

Salam revolusi cinta

0 Response to "Cara menuju kebahagiaan (renungan sejenak di halte tentang tujuan hidup)"

Post a Comment